Bahaya Polip Hidung pada Anak dan Dewasa

Bahaya Polip Hidung pada Anak dan Dewasa

Polip Pada Hidung

Polip Hidung adalah salah satu penyakit yang pada umumnya sering diabaikan oleh penderitanya karena tidak menimbulkan rasa nyeri apapun, sehingga sangat sulit mendeteksi gejala awal penyakit ini. Namun, perlu Anda ketahui penyakit polip pada hidung sangatlah berbahaya, penyakit yang berupa tonjolan daging yang jinak pada rongga hidung ini ternyata memiliki cukup banyak komplikasi yang mengikutinya. Tidak hanya akan berakibat peradangan sinus atau sinusitis, polip juga bisa merusak struktur pada tulang penderitanya.

Penyakit sinusitis yang diakibatkan dari penyakit polip ini terjadi karena cairan pada rongga hidung tersumbat dan tidak bisa keluar. Dari sumbatan itulah, cairan pada rongga hidung akan menjadi tempat berkembangnya para bakteri penyakit. Dan karena itulah peradangan sinus atau sinusitis terjadi.

Gejala Polip Hidung

  • Pilek yang permanen, atau penderita seolah-olah selau merasa pilek
  • Persistent hidung tersumbat dan mungkin akan merasa kesulitan untuk bernapas melalui hidung
  • Tidak memiliki rasa bau atau penciuman yang buruk
  • Postnasal-drip, atau akan merasakan seolah lendir terus mengalir dibelakang tenggorokan
  • Akan merasakan nyeri pada wajah
  • Sakit kepala
  • Terasa gatal disekitar mata
  • Apnea tidur obstruktif, dimana si penderita akan mengalami susah tidur akibat dari berhenti bernafas saat tidur
  • Penglihatan ganda yang mungkin terjadi jika pasien memiliki sinusitis jamur alergi atau cystic fibrosis
  • Menjadi bersin-bersin

Bahaya Polip Jika Dibiarkan

Penyakit polip jika terus dibiarkan dan tidak segera ditangani akan menyebabkan tumor polip tersebut menjadi ganas dan semakin membesar. Dan jika penyakit polip telah membesar, maka akan berpengaruh terhadap menurunnya kinerja sistem pernapasan. Karena penyakit polip yang membesar akan menghalangi dan menyumbat seluruh rongga hidung, sehingga kita akan kesulitan untuk bernapas.

Penyakit Polip pada Hidung cenderung akan tumbuh kembali jika penyebabnya (alergi ataupun infeksi) tidak terkontrol atau tidak diobati. Pemakaian obat semprot hidung yang mengandung kortikosteroid malah akan memperlambat atau mencegah kekambuhan. Namun, jika kekambuhan itu bersifat benar, sebaiknya dilakukan pembedahan guna memperbaiki drainase sinus dan untuk membuang jaringan yang telah terkena infeksi.

Penyakit Polip Hidung biasanya menyerang orang dewasa, yang berusia lebih dari 20 tahun. Meskipun begitu, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa orang yang berusia kurang dari 20 tahun tidak mempunyai resiko mengalami penyakit polip hidung, karena kita tidak akan pernah tahu jika penyakit ini bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Jadi, jika Anda merasakan gejala seperti yang telah saya jelaskan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

posted by: http://www.obatpoliphidungtanpaoperasi.blogalami.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *